Kemenristekdikti Serahkan Pengelolaan Eks Poltekkes Pemprov ke UNIB

KEPALA Biro Keuangan dan Umum Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Wiwin Darwina, SE, M.Si didampingi Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM), Ary Hendrato Soleh, SE, M.Si, menyerahkan pengelolaan eks Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Pemerintah Provinsi Bengkulu kepada Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, Rabu (5/4/2017).

Penyerahan tersebut mencakup pengelolaan aset, SDM dan tata kelola menejarial, serta keberlangsungan mahasiswa dan proses perkuliahan yang ke depan harus disesuaikan dengan tata aturan dan prosedur yang berlaku di lingkungan Kementerian Ristekdikti.

Acara serah terima berlangsung di aula eks Poltekkes, disaksikan Wakil Rektor UNIB Bidang Sumber Daya Dr. rer. nat. Totok Eka Suharto, Kepala Biro, Kabag, para Dekan, para PNS eks Poltekkes dan UNIB, para mahasiswa dan undangan lainnya.

Bergabungnya Poltekkes milik Pemda Provinsi Bengkulu ke Universitas Bengkulu merupakan amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2015 yang menyebutkan bahwa pemerintah daerah tidak boleh menyelenggarakan pendidikan tinggi.

Atas dasar itu, Gubernur Bengkulu Dr. H. Ridwan Mukti telah menyerahkan pengelolaan Poltekkes kepada Kementerian Ristekdikti. Serah terima personil serta dokumen tertuang dalam surat Nomor 440/923.1/DINKES/2016 dan Nomor 5271/A.A3/PL/2016 tanggal 29 Desember 2016.

Data dihimpun Tim Humas, jumlah pegawai eks Poltekkes sebanyak 145 orang terdiri dari 109 PNS dan 36 non PNS. Jumlah dosen fungsional sebanyak 49 orang, dosen non fungsional 21 orang, 8 lektor kepala, 19 lektor, 22 asisten ahli. Tingkat pendidikan dosen, baru 1 orang S3, 25 dosen berpendidikan S2, dan 23 dosen berpendidikan S1, serta 8 orang dosen sedang tugas belajar jenjang S2 Kebidanan di Universitas Padjajaran (UNPAD).

Sementara untuk mahasiswa, eks Poltekkes memiliki 2.702 mahasiswa aktif yang terdiri dari 232 jurusan Keperawatan, 374 mahasiswa Kebidanan, dan 97 mahasiswa Farmasi. Jumlah alumni tercatat 2.225 orang.

Aset eks Poltekkes Pemprov Bengkulu, hingga Desember 2014 bernilai sekitar Rp.32 Miliar, dengan memiliki gedung yang berdiri di atas lahan kurang lebih 30.000 meter persegi.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, menyambut baik dan mengucapkan terimakasih kepada Kemenristekdikti yang telah menyerahkan dan mempercayakan pengelolaan eks Poltekkes ke UNIB. Rektor yakin sebagai bagian dari keluarga besar UNIB, ke depan eks Poltekkes akan semakin maju dan berkembang pesat.[Penulis : Purna Herawan. Sumber data : BE. Foto : Ngamarudin]

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *