Wawancara Exclusive dengan Wakil Rektor Bidang Akademik UNIB

09 Februari 2017 – Tim official Website berhasil mewawancarai Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bengkulu (Prof. Dr. Ir. Dwinardi Apriyanto, M.Sc), wawancara tersebut perihal Akuisisi Poltekkes Provinsi Bengkulu. berikut cuplikan isi wawancara kami dengan Pak Wakil Rektor Bid Akademik :

  • Latar belakang Poltekkes provinsi bergabung ke UNIB?

” Untuk saat ini Pemda tidak boleh menyelenggarakan Pendidikan Tinggi, sehingga mereka harus mengabungkan Pendidikan Tinggi tsb ke salah satu Universitas Negeri, dan itu pilihannya ada dua yakni Universitas Bengkulu dan IAIN Bengkulu, dan yang paling pas kan UNIB. dan juga sebenarnya ada Poltekkes Kemenkes, tetapi di khawatirkan nantinya ada persaingan.”

  • Kendala yang di hadapi dalam masa transisi ?

” Sebenarnya bukan merupakan suatu kendala, dalam proses memang butuh waktu. Proses yang dilakukan misalnya Pemindahan aset setelah ada surat keputusan.  Pemindahan aset itu ke Kementerian, jadi dari Pemda di serahkan ke Kementerian Riset Dikti dan dari Kementerian menyerahkan ke UNIB, penyelenggaran pendidikan juga seperti itu, artinya di serahkan ke Kemenristek Dikti dulu baru meraka mendelegasikan UNIB untuk melakukan penyelenggaraan Pendidikan tsb. ”

  • Aset yang di serah terima kan ?

Aset yang ada telah di serahkan ke UNIB dalam berita acara penyerahan dari Kemenristek Dikti, daftarnya telah kami terima. Disana itu ada Aset Pemda dan daftarnya telah kami terima, lalu ada aset yang memang berasal dari Swadana dan itu memang sudah otomatis masuk ke UNIB.  Aset yang di terima berupa gedung, tanah, dan tanah itu belum di balik namakan ke UNIB. dan nantinya harus ada sertifikat balik nama ke Kemenristek / ke UNIB.

  • Sikap UNIB terhadap Dosen dan Karyawan serta Honorer.

” Dosen dan Karyawan nanti akan kami seleksi, jadi tidak semua Dosen dan Karyawan dari Ex Poltekkes masuk ke UNIB, dan untuk Honorer belum kita putuskan, mungkin nanti tergantung kebutuhan. Kalau PNS yang tidak kami terima itu masuk ke PEMDA, dan yang honorer itu ada beberapa yang kami tugaskan sekarang, misalnya dalam enam bulan itu untuk tetap disana karena masih di perlukan  UNIB karena masih dalam masa transisi pemindahan Aset yang belum beres, sementara misalnya dari aspek keuangan itu rekening belum diganti ke UNIB, bulan Februari juga sudah tidak bisa membayar karyawan Honorer, makanya itu sekarang ini yang kami pertahankan hanya sedikit, untuk misalnya yang Penjaga keamanan. ”

  • Struktur  Jurusan berada di bawah siapa ?

” Nantinya, untuk sementara Jurusan Farmasi, Kebidanan dan Keperawatan akan berada dalam naungan Fakultas MIPA Univeritas Bengkulu. ”

  • Kalender Akademik ?

Kalender akademiknya akan kami sesuaikan nantinya. untuk sementara karena masih dalam proses penyesuaian proses merger ini, maka kami masih belum membuka  proses pendaftaran mahasiswa baru.

  • SPP nya ?

Untuk yang angkatan lama SPP nya akan sama dengan SPP pada waktu di Poltekkes Provinsi Bengkulu, tetapi setelah penerimaan Mahasiwa Baru nanti kemungkinan akan lebih berkurang jumlah SPP nya.

  • Ijazah Mahasiswa lama yang sudah lulus ?

Untuk Ijazah yang lama, tidak akan dirubah kedalam Ijazah UNIB, tetapi jika suatu saat di perlukan legalisir Ijazah maka akan kami legalisir atas nama UNIB.

 

Berikut cuplikan Videonya :

 

Post by : Tim Official Website FMIPA UNIB

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *